Senin, 14 Januari 2013

Makalah 3 DAMPAK TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI TERHADAP PERILAKU SOSIAL MASYARAKAT











Dosen : Muhammad Burhan Amin

Topik Penulisan Makalah

Dampak Teknologi Informasi dan Komunikasi
Terhadap  Perilaku Sosial Masyarakat

 


Kelas  :  1-KA39

Tanggal Penyerahan Makalah : 17 November 2012
Tanggal Upload Makalah  :  18 November 2012



 

P E R N Y A T A A N


Dengan ini saya menyatakan bahwa seluruh pekerjaan dalam penyusunan makalah ini saya buat sendiri tanpa meniru atau mengutip dari tim / pihak lain.

Apabila terbukti tidak benar, saya siap menerima konsekuensi untuk mendapat nilai 1/100 untuk mata kuliah ini.



P e n y u s u n



N P M
Nama Lengkap
Tanda Tangan
18112110
Muhayati







Program Sarjana Sistem Informasi


UNIVERSITAS GUNADARMA


KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis penjatkan kehadirat Alloh SWT, yang atas rahmat-Nya maka penulis dapat menyelesaikan penyusunan makalah yang berjudul “Damapak Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Perilaku Sosial Masyarakat”.
Penulisan makalah adalah merupakan salah satu tugas dan persyaratan untuk menyelesaikan tugas mata pelajaran Ilmu Sosial Dasar.
Dalam Penulisan makalah ini penulis merasa masih banyak kekurangan-kekurangan baik pada teknis penulisan maupun materi, mengingat akan kemampuan yang dimiliki penulis. Untuk itu kritik dan saran dari semua pihak sangat penulis harapkan demi penyempurnaan pembuatan makalah ini.







                                                                      Bekasi,  November  2012


                                                                                                               Muhayati

DAFTAR ISI
Kata Pengantar ……………………………………………………….  1
Daftar  Isi …………………………………………………………….. 2
Bab I  Pendahuluan
    A.            Latar Belakang  ……………………………………………….  3
     B.            Tujuan ………………………………………………………...  4
     C.            Sasaran ………………………………………………………..  4
Bab II  Permasalahan
    A.            Pengertian Teknologi ………………………………………… 6
     B.            Pengertian Informasi …………………………………………  8
     C.            Pengertian Teknologi Informasi ……………………………..   8
    D.            Penjelasan materi Makalah dengan
 Menggunakan Analisis SWOT ………………………………  9
Bab III Kesimpulan dan Rekomendasi
1.      Kesimpulan …………………………………………………..  13
2.      Rekomendasi ………………………………………………… 13
Daftar Pustaka ……………………………………………………….  14


BAB I
PENDAHULUAN
1.      Latar  Belakang
Pada saat ini perkembangan teknologi berkembang dengan sangat cepat, Teknologi Komputer dan Komunikasi  sering di sebut sebagai Teknologi Informasi dan Komunikasi . Penggunaan teknologi sebagai alat untuk mempermudah manusia menyelesaikan berbagai masalah dengan mudah cepat dan dalam menjalani kehidupan bermasyarakat dalam melakukan komunikasi dengan manusia lainnya. Dalam berkomunikasi, setiap orang pasti memerlukan informasi, baik itu memberi atau menerima informasi. Teknologi yang digunakan khususnya di bidang informasi dan komunikasi, teknologi informasi ini bisa berupa media massa, televisi, radio, serta jejaring sosial yang ada di internet. Dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin maju ini membuat seolah-olah dunia ini ibarat ruang tanpa batas.
Tentu kemajuan teknologi ini menyebabkan perubahan yang begitu besar pada kehidupan umat manusia dengan segala peradaban dan kebudayaannya. Perubahan ini juga memberikan dampak yang begitu besar terhadap transformasi nilai-nilai yang ada di masyarakat. Di Indonesia dapat kita saksikan begitu besar pengaruh kemajuan teknologi terhadap nilai-nilai kebudayaan yang di anut masyarakat, baik masyarakat perkotaan maupun pedesaan. Kemajuan teknologi seperti televisi, telepon dan telepon genggam, bahkan internet bukan hanya melanda masyarakat kota, namun juga telah dapat dinikmati oleh masyarakat di pelosok-pelosok desa. Akibatnya, segala informasi baik yang bernilai positif maupun negatif, dapat dengan mudah di akses oleh masyarakat. Perlahan-lahan mulai mengubah pola hidup dan pola pemikiran masyarakat.



2.      Tujuan
Pembuatan makalah ini bertujuan untuk memberikan tentang pengertian dan kegiatan yang dilakukan dalam kehidupan perilaku sosial masyarakat terhadap teknologi informasi dan komunikasi dalam berbagai aspek yang mempengaruhinya. Memberikan informasi kepada masyarakat dampak yang terjadi dalam kegiatan yang dilakukan masyarakat itu sendiri, dampak yang diakibatkan oleh teknologi informasi dan kmonunikasi yang bernilai positif di sisi lain yang berniali negative.
Dan dalam pembuatan makalah ini untuk menuntaskan tugas Ilmu Sosial Dasar yang telah di berikan dengan judul “Damapak Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Perilaku Sosial Masyarakat”.

3.      Sasaran
Orang Tua
Orang tua harus selalu mengawasi anak-anak mereka dalam menggunakan teknologi informasi sejauh  mana mereka menggunakan dan mengakses  internet, televisi, ataupun handphone agar terhindar dari dampak negatif kemajuan teknologi informasi dan komunikasi pada saat ini.
Lembaga Pendidikan
Sekolah merupakan saran dalam  seseorang mendapatkan ilmu pengetahuaan, diharapkan dengan lemaga pendidikan ini sekolah memberikan manfaat yang baik tentang penggunaan teknologi informasi dan komunikasi ini, nilai dan norma benar yang dilakukan dalam  menjalankan  kegiatan  di dunia internet.


Masyarakat
Sebagai generasi muda dan penerus bangsa harus bisa melestarikan kebudayaan bangsa kita yang sekarang semakin terkikis oleh budaya bangsa lain akibat kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Dan memfilter budaya-budaya negatif yang datang melalui teknologi informasi.
Pemerintah
Sebaiknya pemerintah, melalui Departemen Komunikasi dan Informasi dapat membuat suatu kebijakan yang dapat mengontrol penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi supaya tidak berdampak negatif terhadap kebudayaan bangsa kita. Selain itu alternatif lain yang mungkin dapat melestarikan kebudayaan bangsa kita adalah dengan membuat Search Engine yang halaman pertamanya memuat kebudayaan-kebudayaan seluruh daerah di Indonesia atau dapat terhubung ke beberapa situs kebudayaan daerah. Dan Search Engine tersebut harus di instalasikan di seluruh sekolah di Indonesia atau bisa di unduh secara gratis. Dengan demikian setidaknya siswa, mahasiswa, maupun masyarakat luas bisa mengenal bahkan melestarikan kebudayaan bangsa kita.



BAB II
PERMASALAHAN

1.      Pengertian Teknologi
Kata teknologi secara harfiah berasal dari bahasa latin’’texere’’yang berarti menyusun atau membangun. Sehingga istilah teknologi seharusnya tidak terbatas pada penggunaan mesin, meskipun dalam arti sempit hal tersebut sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Menurut Roger (1983) teknologi adalah suatu rancangan (desain) untuk alat bantu tindakan yang mengurangi ketidak pastian dalam hubungan sebab akibat dalam mencapai suatu hal yang diinginkan. Jacques Ellul (1967) mengartikan teknologi sebagai keseluruhan metode yang secara rasional mengarah dan memiliki ciri efisiensi dalam setiap kegiatan manusia.
Menurut Iskandar Alisyahbana (1980) Teknologi telah dikenal manusia sejak jutaan tahun yang lalu karena dorongan untuk hidup yang lebih nyaman, lebih makmur dan lebih sejahtera. Jadi sejak awal peradaban sebenarnya telah ada teknologi, meskipun istilah “teknologi” belum digunakan. Istilah “teknologi” berasal dari “techne “ atau cara dan “logos” atau pengetahuan. Jadi secara harfiah teknologi dapat diartikan pengetahuan tentang cara. Pengertian teknologi sendiri menurutnya adalah cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan akal dan alat, sehingga seakan-akan memperpanjang, memperkuat atau membuat lebih ampuh anggota tubuh, pancaindra dan otak manusia
Pengertian yang lain, telah diberikan oleh Arnold Pacey "The application os scientific and other knowledge to practical task by ordered systems. that involve people and organizations, living things and machines". Dari definisi ini nampak, bahwa teknologi tetap terkait pada pihak-pihak yang terlibat dalam perencanaannya, karena itulah teknologi tidak bebas organisasi, tidak bebas budaya dan sosial, ekonomi dan politik.
Definisi teknologi yang lain diberikan oleh Rias Van Wyk "Technology is a "set of means" created by people to facilitate human endeavor". Dari definisi tersebut, ada beberapa esiensi yang terkandung yaitu :
·         Teknologi terkait dengan ide atau pikiran yang tidak akan pernah berakhir, keberadaan teknotogi bersama dengan keberadaan budaya umat manusia.
·         Teknologi merupakan kreasi dari manusia, sehingga tidak alami dan bersifat artificial
·         Teknologi merupakan himpunan dari pikiran (set of means), sehingga teknologi dapat dibatasi atau bersifat universal, tergantung dari sudtit pandang analisis
·         Teknologi bertujuan untuk memfasilitasi human endeavor (ikhtiar manusia). Sehingga teknologi harus mampu meningkatkan performansi (kinerja) kemampuan manusia.
Dari definisi di atas, ada 3 entitas Yang terkandung dalam teknologi yaitu, skill (Keterampilan), Algorithnia (Logika berfikir) dan hardware (Perangkat Keras).
Teknologi adalah suatu tubuh dari ilmu pengetahuan dan rekayasa (Engineering) yang dapat diaplikasikan pada perancangan produk dan atau proses atau pada penelitian untuk mendapatkan pengetahuan baru. Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuanm ilmu pengetahuan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini. Namun demikian, walaupun pada awalnya diciptakan untuk menghasilkan manfaat positif, di sisi lain juga juga memungkinkan digunakan untuk hal negatif.



2.      Pengertian informasi
Informasi merupakan data yang berasal dari fakta yang tercatat dan selanjutnya dilakukan pengolahan (proses) menjadi bentuk yang berguna atau bermanfaat bagi pemakainya. Bentuk informasi yang kompleks dan terintegrasi dari hasil pengolahan sebuah database yang akan digunakan untuk proses pengambilan keputusan pada manajemen akan membentuk Sistem Informasi Manajemen. Data merupakan fakta atau nilai yang tercatat atau mempresentasikan deskripsi dari suatu objek. Data merupakan suatu sumber yang sangat berguna bagi hampir di semua organisasi. Dengan tersedianya data yang melimpah, maka masalah pengaturan data secara efektif menjadi suatu hal yang sangat penting dalam pengembangan system informasi manajemen. Pengertian Informasi, definisi informasi, pengertian data, definisi data, data dan system.

3.      Pengertian Teknologi Informasi
Teknologi informasi adalah teknologi yang digunakan untuk mengolah data (memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data) untuk menghasilkan informasi yang berkualitas. Pada zaman modern yang semakin maju ini komputer telah mengalami evolusi sehingga sudah mencapai generasi kelima yang telah melahirkan generasi baru yaitu terjadinya penggabungan antara Teknologi Komputer dan Komunikasi sehingga sering di sebut sebagai Teknologi Informasi dan Komunikasi yang dibuat untuk membantu menyelesaikan berbagai masalah dengan mudah dan cepat. Adapun perkembangan komputer dari waktu kewaktu.
Pada awal sejarah, manusia bertukar informasi melalui bahasa. Maka bahasa adalah teknologi. Bahasa memungkinkan seseorang memahami informasi yang disampaikan oleh orang lain. Tetapi bahasa yang disampaikan dari mulut ke mulut hanya bertahan sebentar saja, yaitu hanya pada saat si pengirim menyampaikan informasi melalui ucapannya itu saja. Setelah ucapan itu selesai, maka informasi yang berada di tangan si penerima itu akan dilupakan dan tidak bisa disimpan lama. Selain itu jangkauan suara juga terbatas. Untuk jarak tertentu, meskipun masih terdengar, informasi yang disampaikan lewat bahasa suara akan terdegradasi bahkan hilang sama sekali.
Setelah itu teknologi penyampaian informasi berkembang melalui gambar. Dengan gambar jangkauan informasi bisa lebih jauh. Gambar ini bisa dibawa-bawa dan disampaikan kepada orang lain. Selain itu informasi yang ada akan bertahan lebih lama. Beberapa gambar peninggalan jaman purba masih ada sampai sekarang sehingga manusia sekarang dapat (mencoba) memahami informasi yang ingin disampaikan pembuatnya. Ditemukannya alfabet dan angka arabik memudahkan cara penyampaian informasi yang lebih efisien dari cara yang sebelumnya. Suatu gambar yang mewakili suatu peristiwa dibuat dengan kombinasi alfabet atau dengan penulisan angka, seperti MCMXLIII diganti dengan 1943. Teknologi dengan alfabet ini memudahkan dalam penulisan informasi itu. Kemudian, teknologi percetakan memungkinkan pengiriman informasi lebih cepat lagi. Teknologi elektronik seperti radio, tv, komputer mengakibatkan informasi menjadi lebih cepat tersebar di area yang lebih luas dan lebih lama tersimpan.

4.      Analisis permasalahan Dampak Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap  Perilaku Sosial Masyarakat dengan memperhatikan dan mempertimbangkan  kondisi lingkungan internal maupun eksternal dilihat dari aspek :

Kekuatan ( Strength)
a.       Informasi melalui media internet untuk pendidiian
Informasi media internet bisa menjadi salah satu kunci untuk membuat dunia pendidikan di Indonesia mempunyai standar yang sama dengan negara lain. Dengan menggunakan media internet, pemerintah dan institusi pendidikan sudah mulai menerapkan pola belajar yang cukup efektif untuk diterapkan bagi masyarakat yang memiliki kendala dengan jarak dan waktu untuk mendapatkan informasi terutama informasi dalam dunia pendidikan.
b.      Timbulnya sikap percayaan diri dan motivasi tinggi
Masyarakat memiliki rasa percaya diri yang tinggi dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi, hal ini dibuktikan dari fakta-fakta yang ada di dunia maya, misalnya jejaring sosial. Mereka berani tampil secara terbuka, baik kepada orang yang dikenalnya bahkan yang tidak kenal sama sekali. Mereka mengekspos pribadinya dengan memberikan informasi-informasi yang sedang terjadi, baik itu penting atau tidak. Mereka berlomba-lomba untuk mendapatkan dan menyampaikan info terkini, hal ini juga dapat memperlihatkan tingkat kompetensi antar individu pun semakin besar.
c.       Informasi yang ada di masyarakat dapat langsung di publikasikan dan di terima masyarakat
Sumber informasi tidak hanya berasal dari satu orang saja. Dalam masyarakat, semua orang dapat menjadi sumber informasi. Setiap orang dapat saling bertukar informasi satu sama lain. Informasi itu pun menyebar sampai kepada seluruh lapisan masyarakat dengan cepat melalui media-media TIK yang ada.

d.       Komputer sebagai Sarana Hiburan
Para pengguna bisa menonton televisi memutar musik dan film serta memainkan aplikasi permainan yang tersedia sebagai hiburan. Selain itu internet juga merupakan srana menyalurkan hobi para pengguna dengan tersedianya berbagai aplikasi software untuk menyalurkannya. Contohnya mengedit gambar atau film, membuat gambar atau film, menulis cerita atau novel dan lain sebagainya yang tenyunya juga dapat mengembangkan bakat para penggunanya.

Kelemahan ( Weakness )
A.    Masyarakat yang menjadi malas dalam berinteraksi
Sifat malasnya masyarakat karena telah dimanjakan dengan teknologi yang sudah maju dengan pesat saat ini, dengan teknologi manusia bisa tetap berkomunikasi dengan orang lain walaupun terharang dengan jarak, hal ini yang menyebabkan kemalasan masyarakat untuk bersosialisasi secara langsung (face to face) kepada masyarakat lainnya, sehingga seseorang menjadi jarang berinteraksi dengan lingkunagn sekitarnya, menyebabkan kemampuan interpersonal dan emosionalnya tidak berkembang secara optimal.
B.     Timbulnya jenis kejahatan yang baru
Kejahatan yang timbul antara lain penipuan, pencurian nomor kartu kredit, pornografi, pengiriman email sampah (spam), pengiriman virus, penyadapan saluran telepon, memata-matai aktivitas seseorang (spyware), dan mengacaukan trafik jaringan. Kejahatan-kejahatan ini sulit dideteksi karena dikerjakan dengan fasilitas teknologi informasi dan komunikasi salah satunya internet.
C.     Maraknya perilaku penyimpang yang terjadi di kalangan remaja
Perilaku menyimpang disebabkan oleh merosotnya moral yang ada di masyarakat. Kurangnya filterisasi akan informasi serta budaya yang diterima dari teknologi informasi dan komunikasi, menjadi faktor pokok timbulnya permasalahn ini. Hal yang seharusnya salah justru dibenarkan dan yang benar justru disalahkan. Perilaku yang melawan norma yang ada di masyarakat pun kian merebak, tak hanya pada kalangan remaja atau pelajar saja yang memang masih labil, tetapi juga pada masyarakat.
D.    Meningkatnya angka pengangguran
Masalah yang satu ini sangat menarik perhatian. Kini, teknologi seolah-olah menggantikan manusia dalam segala bidang, termasuk pekerjaan. Kreatifitas manusia pun menjadi tumpul. Mereka menjadi tergantung akan teknologi. Hampir semua pekerjaan dilakukan oleh mesin-mesin otomatis. Sehingga makin banyak pengangguran karena tenaga mereka tergantikan oleh mesin-mesin otomatis tersebut.
Peluang ( Opportunities )
A.    Ikut serta lembaga pemerintahan dalam kegiatan teknologi informasi
Pemerintah membuat Undang-undang Informasi yang berisi ketentuan yang berlaku untuk setiap orang yang melakukan perbuatan hukum sebagaimana diatur dalam Undang-Undang ini, baik yang berada di wilayah hukum Indonesia maupun di luar wilayah hukum Indonesia, yang memiliki akibat hukum di wilayah hukum Indonesia dan atau di luar wilayah hukum Indonesia dan merugikan kepentingan Indonesia.
B.     Pembuataan undang-undang anti pornografi di dalam kegiatan internet
Komputer sangat berhubungan dengan internet, Undang-Undang Pornografi (sebelumnya saat masih berbentuk rancangan bernama Rancangan Undang-Undang Antipornografi dan Pornoaksi, disingkat RUU APP, dan kemudian menjadi Rancangan Undang-Undang Pornografi) adalah suatu produk hukum berbentuk undang-undang yang mengatur mengenai pornografi dan pornoaksi pada awalny. UU ini disahkan menjadi undang-undang dalam Sidang Paripurna DPR pada 30 Oktober 2008. Bentuk nyata dari UU APP adalah pemblokiran situs-situs porno.
C.     Teknologi di bidang perdagangan ekonomi
Di saat teknologi informasi dan komunikasi mulai diketahui dan dimengerti oleh masyarakat luas, pengetahuan ini menyebabkan terjadi transaksi dalam bidang ekonomi yang dilakukan di dunia internet, transaksi dengan sisitem online ini dapat di lakukan dengan mudah dan cepat oleh masyarakat.
D.    Meningkatnya rasa percaya diri sebuah negara di dunia
Kemajuan ekonomi di negara-negara Asia melahirkan fenomena yang menarik. Perkembangan dan kemajuan ekonomi telah meningkatkan rasa percaya diri dan ketahanan diri  sebagai suatu  bangsa  akan  semakin  kokoh.  Bangsa-bangsa Barat tidak lagi dapat melecehkan bangsa-bangsa Asia.
Tantangan ( Threats )
A.    Pemerataan jaringan internet
Telah menjadi rahasia umum negara kita masih sangat buruk dalam mengetasi pemerataan, tidak hanya jaringan internet, namun dari semua aspek masih tidak merata, karena pemerintah masih berfokus pada pulau jawa dan kota-kota besar.
B.     Masih mahalnya Harga komputer
Dapat dikonotasikan perkembangan komputer di dunia seperti implus, ketika ditemukan teknelogi baru, maka penemuan selanjutnya akan semakin cepat-dan cepat, namun pemerintah tidak memiliki program komputer murah untuk pelajar yang tidak mampu khususnya di daerah terpencil.
C.     Kurangnya dukungan dari berbagai pihak
Dukungan yang minim dari berbagai pihak terhadap teknologi informasi dan komunikasi ini menyebabkan terhambatnya dan kurang berkembangnya teknologi di suatau negara terutama Indonesia, baik dukungan yang dilakukan dari dalam (internal) maupun luar (eksternal) terhadap perkembangan teknologi di berbagai lapisan masyarakat.
D.    Akses internet yang di salah gunakan
Internet yang memberikan kemudahan bagi penjelajahnya mengakibatkan penyalah gunaan dalam kegiataannya, dapat kita lihat akses internet ini di gunkan untuk pornografi, game online, penipuan kegiatan jual-beli dan kegiatan lainnya yang mengarah pada kriminalitas pada dunia maya oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.


BAB III
Kesimpulan dan Rekomendasi

Kesimpulan
                 Teknologi informasi dan komunikasi saat ini mempengaruhi terhadap perilaku sosial masyarakat baik disadari secara langsung maupun disadari secara tidak langsung, dampak perilaku sosial masyarakat ini memberikan  suatu perubahan yang memiliki nilai positif didampingi dengan nilai negative dalam kehidupan masyarakat.
Masyarakat harus memiliki nilai dan norma yang baik untuk memilah dalam menjarankan kegiatan teknologi. teknologi yang baik adalah teknologi yang dapat bermanfaat dalam kehidupan  manusia itu sendiri.

Rekomendasi
1.      Timbulnya sikap pecaya diri yang tinggi  terhadap teknologi informasi dan komunikasi dapat di manfaatkan dan diimplementasikan ke dalam pekerjaan agar dapat meningkatkan kompotisi secara sehat untuk maju dalam pekerjaan terhadap individual lainnya.
2.      Masyarakat yang menjadi malas dalam berinteraksi dapat ditanggulangi atau diminimalisasikan dengan menciptakan kesadaran dari diri sendiri akan dampak buruk dari anti sosial dan mulai memperbanyak kegiatan di luar rumah dengan keuarga atau teman-teman, seperti olahraga bersama, traveling, hang out bersama teman, dll. Dengan begitu seseorang akan merasakan bahwa sosialisasi dengan sesamanya merupakan suatu kebutuhannya selain kebutuhannya akan teknologi informasi dan komunikasi.
3.      Penggunaan teknologi di bidang ekonomi sangat bermanfaat dalam kehidupan untuk menghemat efesiensi waktu dan  tenga di dalam  memanajemen kegiatan perekonomian, sehingga dapat meningkatkan kegiatan perekonomiaan di dunia internet. Kegiataan ini dapat dilakukan dengan memperbanyak kegiatan  penjualan maupun pembeliaan yang dilakukan di internet.
4.      Pemerataan jaringan internet ini sangat penting untuk dilakukan dalam perkembangan teknologi informasi dan komunikasi,  jaringan internet tidak hanya mencakup kota tetapi hingga ke pedesaan dan seluruhnya dan memberikan fasilitas terhadap jaringan itu sendiri agar dapat dimanfaatkan secara optimal.

DAFTAR PUSTAKA

http://dirhan-neil.blog.ugm.ac.id/2012/03/14/kemajuan-serta-pengaruh-teknologi-informasi-pada-masyarakat
http://fadhilmi.blog.upi.edu/2010/11/07/pengaruh-pengaruh-teknologi-informasi-dan-komunikasi-terhadap-bidang-sosial-budaya













    

           









Tidak ada komentar:

Posting Komentar