Jumat, 27 Maret 2015

Perangkat Jaringan Komputer

PERANGAKAT JARINGAN KOMPUTER






Disusun Oleh :

Nama : Muhayati
NPM : 18112110
Kelas : 3ka39



Fakultas Ilmu Teknologi dan Komputer
Jurusan Sistem Informasi
Universitas Gunadarma
2015




Perangkat Yang Dibutuhkan Dalam Pembangunan Jaringan Komputer
            Jaringan (network) adalah sebuah sistem operasi yang terdiri atas sejumlah komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuam yang sama atau suatu jaringan kerja yang terdiri dari titik-titik (nodes) yang terhubung satu sama lain, dengan atau tanpa kabel. Ada beberapa perangkat yang digunakan untuk membangun jaringan komputer diantaranya :
1.      NIC (Network Interface Card)
a)      Pengertian
NIC (Network Interface Card) atau adapter network  biasa disebut LAN card ini adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer.  Komponen ini biasanya sudah terpasang secara onboard di beberapa komputer atau laptop  yang akan dihubungkan ke suatu jaringan.  NIC berfungsi menghubungkan server ke sistem pengkabelan network. Jaringan ini tidak terbatas pada LAN (Local Area Network) saja bisa juga Workgroup. Sesuai perkembangan komputer PC dan mainboardnya, maka tipe slot atau expansion slot juga bermacam-macam, mulai ISA, PCI dan AGP.
Untuk membedakan slot ISA dan PCI, Jika casing komputer dibuka di bagian belakang ada beberapa deretan slot. Slot yang berwarna hitam umumnya ISA, slot yang berwarna putih adalah slot PCI, dan slot yang berwarna coklat umumnya slot AGP.
Berdasarkan tipe slot pada motherboard dibedakan menjadi dua jenis:
·         Tipe slot ISA (slot warna hitam/coklat, lebih panjang)
·         Tipe slot PCI (slot warna putih, lebih pendek)

b)      Harga dan Jenis Barang

    




2.      Switch
a)      Pengertian 



Switch atau lebih dikenal dengan istilah LAN switch merupakan perluasan dari konsep bridge. Ada dua arsitektur dasar yang digunakan pada switch, yaitu cut-through dan store-and-forward. Switch cut-through memiliki kelebihan di sisi kecepatan karena ketika sebuah paket datang, switch hanya memperhatikan alamat tujuan sebelum diteruskan ke segmen tujuannya. Dengan switch ada beberapa keuntungan karena setiap segmen jaringan memiliki bandwidth 10 Mbps penuh, tidak terbagi seperti pada "shared network." Dengan demikian kecepatan transfer data lebih tinggi. Jaringan yang dibentuk dari sejumlah switch yang saling berhubungan.
Saat ini perusahaan umumnya memilih jaringan Ethernet 10 Mbps pada segmen-segmennya dan Fast Ethernet 100 Mbps untuk koneksi ke server. Biasanya merka menggunakan switch 10/100 yang biasanya memiliki beberapa port 10 Mbps untuk koneksi ke komputer client dan 1 port 100 Mbps untuk koneksi ke server.

b)      Harga dan Jenis Barang






3.    VDSL
a)              Pengertian 

            VDSL (Very high-bit-rate Digital Subscriber Line port) merupakan suatu alat atau piranti yang digunakan sebagai converter dari kabel UTP (RJ45) ke kabel telepon (RJ11). Dalam hal ini apabila Anda akan menghubungkan jaringan LAN atau Intranet antar gedung yang jaraknya kurang lebih 500 meter masih memungkinkan dengan penambahan piranti VDSL ini. Masalah kecepatan transfer data tergantung merk VDSL yang digunakan. Bahkan untuk saat ini mulai banyak beredar dipasaran jenis VDSL yang kecepatannya bisa diatur sesuai keinginan (manageble).

b)             Harga dan Jenis Barang

4.      Wireless
a)      Pengertian
Wireles teknologi WiFI sudah menjadi trend dan kebutuhan untuk jaringan komputer bergerak atau mobile.Untuk memanfaatkan Wireless harus memiliki HUB atau Swicth yang ada fasilitas Wirelessnya. Swicth atau Router yang sudah medukung fasilitas Wireless  banyak digunakan. Berikut ini contoh Wireless yang mendukung berbagai fasiitas yang bisa digunakan untuk berkomunikasi antara komputer yang memiliki NIC Wireless atau NIC biasa, serta mendukung Wide Area Network.



b)      Harga dan Jenis Barang


5.      Router
a)      Pengertian

Router bekerja dengan cara yang mirip dengan switch dan bridge. Perbedaannya, router merupakan penyaring atau filter lalu lintas data. Penyaringan dilakukan dengan menggunakan protokol tertentu. Router pada dasarnya merupakan piranti pembagi jaringan secara logikal bukan fisikal. Misalnya sebuah IP router bisa membagi jaringan menjadi beberapa subnet sehingga hanya lalu lintas yang ditujukan untuk IP address tertentu yang bisa mengalir dari satu segmen ke segmen lain. Contohnya bisa berupa jaringan biasa LAN (Local Area Network) atau WAN (Wide Area Network) atau jaringan global seperti Internet.
b)      Harga dan Jenis Barang


Router Cisco 1841-SEC/K9, Rp26.056.000


6.      Twisted Pair Cable (UTP)
a)      Pengertian
Unshielded Twisted-Pair (disingkat UTP) adalah sebuah jenis kabel jaringan yang menggunakan bahan dasar tembaga, yang tidak dilengkapi dengan shield internal. UTP merupakan jenis kabel yang paling umum yang sering digunakan di dalam jaringan lokal (LAN), karena memang harganya yang murah, kinerja yang ditunjukkannya juga relatif bagus.

b)      Harga dan Jenis Barang



Daftar Pustaka


Tidak ada komentar:

Posting Komentar